Apa Itu Zebra Cross ?

Babanews.co

Zebra cross sering ditemukan di tepat yang ada lampu lalu lintasnya, yaiyalah, masa di kebun binatang. kedua insan perlalulintasan ini selalu terlihat saling berduaan dimana ada lampu lalu lintas, disitu pasti ada zebra cross. cieeee pacaran ya?

Kayanya orang-orang juga  udah pada tau, apa fungsi dari keduanya.

Tapi yang jadi pertanyaan adalah, sudah sadarkah kita dari kegunaan zebra cross ini? tim babanews akan sedikit menjabarkan apa itu zebra cross.

Zebra cross cuman punya satu fungsi, yaitu untuk para pejalan kaki menyebrangi jalan dengan sans (santai), gak mungkin juga kan dipake buat jualan. jadi untuk parapengendara Motor, Mobil, Becak, Odong-odong dan lainnya.

http://3.bp.blogspot.com/-2V2IZKNrCww/VZ80ZR3g6qI/AAAAAAAAAD8/hOL0Xke17PE/s1600/b.jpg

Sebisa mungkin harus berhenti tepat di belakang garis zebra cross untuk memberi kesempatan kepada para pejalan kaki. kapan pejalan kaki bisa menyebrang? pada saat lampu lalu lintas sedang merah, dan otomatis kendaraan pun berhenti. Ini anak SD juga belum tentu tau loh.

Kalo kendaraan berhenti tepat di zebra cross pejalan kaki mau nyebrang dimana? emang banyak tempat yang bisa dipake untuk menyebrang, tapi untuk apa di ciptakannya zebra cross jika tidak dipakai? sarua jeung waduk kehed ( sama aja bohong ganteng ).

Sesuai dengan Undang-undang tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, pasal 131 ayat (2), “pejalan kaki berhak mendapatkan prioritas pada saat menyebrang jalan di penyebrangan jalan atau zebra cross.

Terus Pasal 284 bilang nih“ Setiap orang yang mengumudikan kendaraan bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan pejalan kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 Ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

Nah loh kena denda tuh gopek coy, lumayan bisa beli baso berapa mangkok tuh.

Dengan adanya UU No:22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, seharusnya pihak-pihak yang mempunyai kewajiban dalam hal ini, bisa memaksimalkan fasilitas untuk pejalan kaki.

Tapi kenyataannya, masih banyak pelanggaran di zebra cross ini, contohnya para pengendara motor yang bersikap egois dan tidak mau memberikan hak kepada pejalan kaki.

Zebra Cross Bukan Hak Pejalan Kaki ? Pelizzz

https://www.youtube.com/watch?v=_ihxZYmH8p8

Babanews.co

Belum lama ini ada sebuah video yang memperlihatkan seorang pengendara motor sedang berhenti karena lampu merah. Tapi motor itu malah berhenti di Zebra Cross yang memang dikhususkan untuk orang yang akan menyebrang.

Kejadian ini terjadi di Jalan Karapitan, Kota Bandung, Selasa (29/8).

Tiba-tiba dateng seorang laki-laki berbaju hitam yang merupakan pejalan kaki menyebrangi jalan melewati zebra Cross tersebut.

mungkin niatnya sih cuman nyindir ya, karena terhalang oleh motor yang berhenti di zebra cross, tiba-tiba pejalan kaki naik ke atas motor itu sambil mengingatkan pengendara itu untuk tidak menghalangi zebra cross.

Untung pengendara itu masih punya otak, merasa dirinya salah, si pengendara motor pun akhirnya memundurkan motornya.

Di Indonesia pelanggaran lalu lintas seperti ini, sudah sering terjadi. mungkin bisa dibilang sudah menjadi budaya. kenapa ? karena ini akan terus turun temurun hingga jalan raya dialihkan ke atas awan. pusing atuhda.

Mungkin Orang-orang Indonesia menganggap, kalo melanggar itu adalah sebuah style? dan terlihat keren, kepala otakmu keren Jiji bangsadh !!!!!!

Video yang telah dilihat oleh lebih dari 29 ribu penonton ini ramai dengan komentar dari para netizen.

Gak udah dibahas lah komen netizen kaya gimana, kalian juga udah pada tau, komennya lebih tajam dari seilet nya Fenny Rose.